Penjelasan Tentang TOEFL

Penjelasan Tentang TOEFL

Penjelasan Tentang TOEFL

Apa itu TOEFL? – Pentingnya belajar bahasa Inggris dibuktikan dengan adanya kurikulum bahasa internasional di sekolah-sekolah di seantero indonesia. Bahkan sekolah internasional berbasis dua bahasa mulai bermunculan di banyak kota besar. Tanda lain apa jika bukan bahasa Inggris adalah modal penting bagi kemajuan kekaisaran. Bagaimana tidak, sekarang hampir semua lini mulai dari pendidikan, bisnis, politik, kesehatan dan lain-lain sangat membutuhkan bahasa Inggris. Apalagi kita sudah memasuki era persaingan langsung dengan negara tetangga. Tak pelak, Inggris tetap menjadi salah satu pendukung utama kesuksesan kita di masa depan.

Misalnya, banyak dokter dan profesor Indonesia yang akan membuat paten untuk penelitian skala internasional memerlukan bahasa Inggris sebagai syarat utama jurnal ilmiah. Belum lagi tes masuk universitas yang saat ini mengharuskan siswa untuk bisa berbahasa inggris. Untuk itu, tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui secara internasional disebut TOEFL.

Tes Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (TOEFL), sesuai namanya, adalah tes bahasa Inggris sebagai bahasa standar internasional. Tujuan TOEFL tidak lain adalah untuk menguji kemampuan bahasa Inggris dari berbagai aspek seperti mendengarkan, membaca, dan memahami Grammar. Materi yang diuji dalam Grammar berbeda dari tes bahasa Inggris di sekolah.

Misalnya UAS Inggris; Materi yang akan diuji biasanya disiapkan terlebih dahulu berdasarkan kurikulum yang telah diajarkan. Tapi sangat berbeda dengan TOEFL. Materi dalam ujian TOEFL sangat umum, dan tentunya dengan tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi daripada ujian di sekolah. Oleh karena itu, TOEFL dapat diambil oleh siapa saja, baik pelajar, pelajar, dokter, guru, pejabat, dan orang lain.

TOEFL yang diakui secara resmi adalah ujian yang diadakan oleh ETS Educational Testing Service. Lembaga keuntungan berbasis di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Namun ETS telah menunjuk perwakilannya di Indonesia, yaitu IIEF (Yayasan Pendidikan Internasional Indonesia). Karena itu, tes TOEFL sekarang lebih mudah karena bisa diimplementasikan di kota-kota besar di Indonesia dan tidak perlu repot ke Amerika.

Pengembangan Tes TOEFL

Tes TOEFL sudah dimulai sejak 1964 di Washington DC sebagai salah satu syarat masuk universitas di Amerika. Didukung oleh dunia pendidikan yang mensyaratkan kesamaan bahasa untuk menyatukan semua peserta didik dari berbagai bahasa, maka dikembangkan TOEFL sebagai ukuran kemampuan bahasa Inggris yang telah disepakati menjadi bahasa dunia. (baca juga : Universal English)

Sampai sekarang, TOEFL tidak hanya digunakan di Amerika tapi juga di seantero dunia. Penggunaan TOEFL umumnya lebih akademis, misalnya untuk aplikasi beasiswa, ujian masuk universitas internasional. Namun, beberapa perusahaan, terutama perusahaan asing, juga mewajibkan karyawannya memiliki sertifikat TOEFL.

Awal tes menggunakan kertas atau biasa dikenal dengan TOEFL PBT (Paper Based test). Namun sejak tahun 1998, tes TOEFL ini dilakukan dalam bentuk CBT atau Computer Based Test dimana alat utama digunakan untuk pengujian menggunakan komputer. Dan sejak tahun 2005, TOEFL memasuki generasi ketiga dengan iBT atau Internet Based Test dengan komponen uji yang lebih lengkap, dan tentunya dengan biaya yang jauh lebih mahal. Namun, di beberapa negara termasuk Indonesia masih menerapkan TOEFL PBT atau ITP (Institutional Testing Program) untuk berbagai keperluan.

Jenis-Jenis TOEFL

Seperti disebutkan sebelumnya, TOEFL terdiri dari beberapa jenis tes. Jenis perbedaan tes ini terkait dengan perkembangan era dan evaluasi ETS itu sendiri. Jika kita lihat, TOEFL iBT menjadi lebih lengkap untuk ukuran tes bahasa Inggris. Karena tes TOEFL pada dasarnya bukan hanya persyaratan masuk universitas atau melamar kerja, tapi sebagai penentu kemampuan komunikasi bahasa Inggris untuk pelajar atau masyarakat yang tinggal di negara-negara berbahasa non-inggris, seperti di indonesia.

Jadi, jika kita mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi, berarti kita tidak perlu khawatir dengan perbedaan bahasa jika kita tinggal di luar negeri, karena kita fasih berbahasa Inggris dengan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL.

Berbagai jenis tes TOEFL dapat dilihat pada tabel berikut:

Perbedaan PBT CBT IBT
Komponen Tes 1. Listening Comprehension 1. Listening 1. Listening
  2. Structure ad Written Expression 2. Structure 2. Speaking
  3. Readng Comprehension 3. Readng 3. Writing
    4. Writing 4. Reading
Materia Tes Kertas Komputer Internet
Lama Ujian 115 menit 2 hingga 2,5 jam 4 jam
Skor 310-677 0-300 0-120

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang biaya, lokasi tes dan banyak lagi, Anda dapat langsung mengunjungi situs resmi ETS sebagai penyelenggara resmi tes TOEFL di ets.org atau dapat Googling untuk mengetahui agen tes TOEFL agen tersebut. Biasanya, institusi yang menyelenggarakan TOEFL di Indonesia ada di universitas atau kursus.

Sedangkan untuk persiapan TOEFL Anda bisa mengikuti kursus di berbagai tempat. Misalnya, di kampung Inggris pare kediri yang terkenal dengan sistem pembelajaran yang baik, EF standar internasional, ILP, LIA, Wall Street, dan sebagainya.

Nah, sekarang sudah dijawab Penjelasan Tentang TOEFL. Semoga info lengkap TOEFL ini bisa membantu anda yang sedang mempersiapkan kuliah atau kerja ya.

Comments

comments

 

Tags: ,

 

More Posts in ENGLISH LEARNING

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Add a comment

required

required

optional


 
 
Contact Us